Skip to main content

Konstruksi Kecantikan Dalam Iklan

Iklan ialah promosi barang, jasa, perusahaan dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran melihat iklan sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, relasi publik, penjualan dan promosi penjualan.

Dewasa ini, iklan semakin kreatif dalam menyajikan produknya. Iklan bukan lagi ingin mempromosikan barang A atau B, namun lebih dari itu, iklan menyebabkan konsumen sadar akan kebutuhannya. Kesadaran palsu, bahwa iklan sabun menyadarkan sebuah kepalsuan yang ada dalam diri setiap wanita, bahwa tampilan cantik dengan kulit putih mulus adalah dambaan setiap orang. Sehingga kemudian perempuan-perempuan diseluruh penjuru negeri berbondong-bondong berbelanja produk kecantikan yang kini sudah bermacam-macam, mulai yang murahan, murah, dan high class.

Kesadaran palsu yang menghinggapi setiap perempuan ini akhirnya di tangkap oleh gerakan feminis yang kemudian menamai dirinya feminis eksistensialis. Akhirnya dalam feminis eksistensialis ini terciptalah konsep perempuan yang malafide, yaitu perempuan manusia yang kalah dalam proses mempertahankan eksistensinya. Salah satu bentuk malafide adalah the narcistic, yaitu perempuan yang menjadi sadar akan penampilannya sehingga mereka berusaha untuk memperbaiki penampilannya yang sesungguhnya merupakan jalan agar perempuan tadi indah untuk dilihat oleh laki-laki. Dengan kata lain laki-laki akan lebih terpuaskan menjadikan perempuan sebagai obyeknya.

Cantik adalah bertubuh langsing, berkulit putih mulus, dan rambut lurus tergerai. Itulah konsep kecantikan yang saat ini dianut oleh banyak perempuan dan laki-laki. Model yang digunakan oleh iklan kecantikan memang seperti itu, semuanya serba langsing dan berkulit putih mulus. Iklan-iklan tersebut seakan-akan ingin menciptakan konsep cantik yang didasarkan pada model iklan, sehingga ketika konsumen mandi, atau menggunakan produk kecantikan lainnya bisa membayangkan bahwa setelah mandi ia bisa menjadi Luna Maya (iklan sabun Lux yang sudah di stop peredarannya).

Ini tentu saja menciptakan gap antara perempuan yang berkulit putih dan perempuan yang berkulit sawo matang sebagaimana warna kulit rakyat indonesia. Bahkan dalam pandangan kaum laki-laki kasus ini semakin menyakitkan kaum perempuan yang tidak memenuhi standar kecantikan umum tersebut. Padahal banyak sekali konsep kecantikan yang tidak mempedulikan fisik perempuan, namun kualitas pribadi perempuan yang sesungguhnya bisa di ciptakan dengan kesungguhan diri perempuan. Sebagaimana konsep perempuan cantik menurut H. Rhoma Irama dalam lagunya yang berjudul Sholeha “Setiap keindahan yang tampak oleh mata. Itulah perhiasan, perhiasan dunia. Namun yang paling indah di antara semua Hanya isteri salehah, isteri yang salehah”. Perempuan yang sholeha bisa di capai oleh seiapapun, meskipun berkulit hitam legam, atau memiliki rambut kawul, bahkan bisa dimiliki oleh orang yang hidup di bawah jembatan.

Seandainya setiap orang memahami bahwa konsep kecantikan tidak semata pada kondisi fisik, namun dalam rohani maka semua orang akan berlomba-lomba menjadi orang baik. Lihatlah bagaimana konsep kecantikan di bawah ini,

Untuk membentuk bibir yang menawan, ucapkanlah kata-kata kebaikan. Untuk mendapatkan mata yang indah, carilah kebaikan pada setiap orang yang anda jumpai.

Untuk mendapatkan bentuk badan yang langsing,bagikanlah makanan dengan mereka yang kelaparan. Untuk mendapatkan rambut yang indah, mintalah seorang anak kecil untuk menyisirnya dengan jemarinya setiap hari. Untuk mendapatkan sikap tubuh yang indah, berjalanlah dengan segala ilmu pengetahuan, dan anda tidak akan pernah berjalan sendirian. Manusia, jauh melebihi segala ciptaan lain. Perlu senantiasa berubah, diperbaharui, dibentuk kembali,dan diampuni. Jadi, jangan pernah kecilkan seseorang dari hati anda. Apabila anda sudah melakukan semuanya itu, ingatlah senantiasa. Jika suatu ketika anda memerlukan pertolongan, akan senantiasa ada tangan terulur. Dan dengan bertambahnya usia anda, anda akan semakin mensyukuri telah diberi dua tangan, satu untuk menolong diri anda sendiri dan satu lagi untuk menolong orang lain. Kecantikan wanita bukan terletak pada pakaian yang dikenakan, bukan pada bentuk tubuh, atau cara dia menyisir rambutnya. Kecantikan wanita terdapat pada mata, cara dia memandang dunia. Karena di matanya terletak gerbang menuju ke setiap hati manusia, di mana cinta dapat berkembang. Kecantikan wanita bukan pada kehalusan wajah. Tetapi pada kecantikan yang murni, terpancar pada jiwanya, yang dengan penuh kasih memberikan perhatian dan cinta dia berikan. Dan kecantikan itu akan tumbuh sepanjang waktu. Kecantikan wanita ada pada sikap lembutnya, yang terpancar dari keihlasan hati dalam merawat dan menjaga keluarga “Wanita yang cantik Adalah Wanita yang bisa menjaga harga dirinya”

Lihat betapa indahnya bila semua orang di dunia ini, baik laki-laki maupun perempuan memahami bahwa cantik adalah masalah hati, bukan lagi fisik yang di agung-agungkan. Bahwa hati nurani, intelegensi, kepribadian dan inner beauty dapat menjadikan perempuan memiliki kecantikan abadi.


Comments

  1. TER 78 KAN
    =======================
    SEX NIKMAT - SEX HANGAT
    =======================

    Korban Perangsang Sex

    Rintihan Seksi

    Jabalai Cantik

    Tradisi Sex Unik

    Bungan SMA

    ReplyDelete
  2. Harga Jual Paving Block Bagi anda yang sedang mencari material Paving Block kami jual Paving Block berkualitas dengan harga yang bersaing. Selain memproduksi material Paving Block dengan berbagai macam type seperti Paving Block Model Bata, Paving Block Model Topi Uskup,Paving Block Model Cacing, Paving Block Model Hexagonal atau Segienam, Paving Block Model Trihex.

    ReplyDelete
  3. Artikel yang sangat membantu. Kunjungi website kami yaa http://pkmgogogo.com/wiki/Barang_promosi884 Terimakasih.

    ReplyDelete
  4. artikel yang sangat menarik dan bermanfaat untuk di simak

    ReplyDelete

Post a Comment

semoga artikel ini berniat baik pada pembaca, komentar pembaca akan membangun blog ini.

Popular posts from this blog

Ebook Di Bawah Bendera Revolusi Gratis

Buku berjudul "Dibawah Bendera Revolusi" merupakan buah ide, pikiran dan karangan yang ditulis langsung oleh Sukarno dimasa pra kemerdekaan baik di pengasingan atau penjara dan setelah kemerdekaan. Buku ini diterbitkan tahun 1964. Ini adalah sekapur sirih yang dikutip dari buku Di Bawah Bendera Revolusi oleh Ir. Soekarno.
"Buku “DIBAWAH BENDERA REVOLUSI” ini dipersembahkan kepada rakjat Indonesia dengan maksud djanganlah hendaknja hanja sekedar untuk penghias lemari buku, akan tetapi dengan penuh tjinta dan sadar mempeladjarinja setjara ilmiah betapa pasangsurutnja pergerakan kemerdekaan dizaman pendjadjahan.

Persatuan bangsa,--persatuan antara golongan-golongan Nasional, Agama, dan Marxis, atau lebih terkenal dengan istilah NASAKOM sekarang ini, pada hakekatnja bukan “barang baru” dalam rangka perdjoangan rakjat Indonesia jang dipelopori oleh Bung Karno. 

Dengan meneliti buku ini setjara ilmiah, akan lebih memperdjelas pengertian bahwa Revolusi Agustus 1945 j…

Global Paradox ; small is power

Mengapa buku-buku Naisbitt menjadi fenomenal? Sebelum kita membahasa lebig lanjut tentang Megatrend dan Global Paradox, sebaiknya kita mengenal dahulu bagaimana bigrafi dari John Naisbitt. Biografi John Naisbitt (lahir 15 Januari 1929 di Salt Lake City, Utah) adalah seorang penulis Amerika dan pembicara publik di bidang studi berjangka. Megatrends pertama bukunya diterbitkan pada tahun 1982. Ini adalah hasil dari hampir sepuluh tahun penelitian. Itu di daftar buku terlaris NewYork Times selama dua tahun, kebanyakan sebagai # 1. Megatrends diterbitkan di 57 negara dan terjual lebih dari 14 juta eksemplar. John Naisbitt belajar di Universitas Harvard, Cornell dan Utah. Dia mendapatkan pengalaman bisnis ketika bekerja untuk IBM dan Eastman Kodak. Dalam dunia politik, ia menjadi asisten Komisaris Pendidikan di bawah Presiden John F. Kennedy dan menjabat sebagai asisten khusus untuk Departemen Pendidikan Sekretaris John Gardner selama pemerintahan Johnson. Dia meninggalkan Washington di tahu…

Paradigma Politik

Mata Kuliah Teori Politik
Ilmu politik tidak bisa lepas dari ilmu sosial yang telah lahir terlebih dahulu teori-teorinya. Meskipun kita tahu bahwa politik sudah ada sejak manusia pertama kali ada dan membentuk sebuah kelompok untuk bertahan hidup dari serangan kelompok lain, atau dari hewan dan alam. Disini kepemimpinan juga telah muncul, manajemen organisasi sudah ada, dan perpolitikan mulain berjalan.

Paradigma politik ini adalah suatu kerangka berfikir untuk mendapatkan pengertian tentang politik dan kemudian akan menyeluruh pada bagian-bagian lainnya dalam ilmu politik. Karena sebuah paradigma akan melahirkan cara, teknik, metode, strategi hingga teori pada suatu jenis ilmu.

1. Evolusi

Evolusi adalah perubahan yang membutuhkan waktu yang sangat lama. Tidak ada batas pasti, namun sampai ribuahn tahun. Dalam paradigma politik evolusi, prinsip dasar yang diusung adalah bahwa politik itu perubahan yang alamiah. Sehingga dalam cara pandang ini, seorang pemimpin tidak bisa dibentuk tapi …