Skip to main content

Patung Liberty


Dulu saya pernah posting tentang keajaiban dunia yang masuk finalis dalam pemilihan keajaiban dunia 2008. Maka sekarang saya ingin menspesifikasinya satu persatu dengan keterangan yang saya kumpulkan dari berbagai sumber.

Liberty Enlightening the World, lebih dikenal dengan nama Statue of Liberty atau Patung Liberty dalam bahasa Indonesia, adalah suatu patung berukuran raksasa yang terletak di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson di New York Harbor, Amerika Serikat. Patung ini dihadiahkan Perancis untuk Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan merupakan suatu simbol selamat datang untuk pengunjung, imigran dan orang Amerika yang kembali.

Patung perunggu yang diberikan pada tanggal 28 Oktober 1886 ini merupakan hadiah seratus tahun kemerdekaan Amerika Serikat dan merupakan ungkapan persahabatan antara kedua negara. Pemahat patung adalah Frederic Auguste Bartholdi pertama kali dibangun
dan disusun di Prancis pada tahun 1874, dan Gustave Eiffel (desainer Menara Eiffel) merancang struktur penyangga dalamnya. Setelah selesai dibuat di Prancis, patung tersebut dibongkar, dan dikemas dalam 200 muatan besar untuk dikirim ke Amerika. Patung ini diperkirakan dapat selesai selama dua tahun namun kenyataannya 12 tahun baru selesai dan diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886, sepuluh tahun setelah HUT kemerdekaan Amerika yang ke-100.

Patung Liberty adalah salah satu lambang AS yang paling terkenal di seluruh dunia, dan melambangkan kemerdekaan dan kebebasan dari tekanan. Patung ini memiliki tinggi 46 meter dan berat 204 ton, Patung Liberty berdiri diatas landasan setinggi 46 meter. Bagian dalamnya diisi oleh rangka baja, sementara bagian luarnya dibuat dari plat tembaga.

Patung Liberty berdiri tidak hanya sebagai Patung hiasan atau sebuah kebanggaan semata. Namun Liberty lebih dari itu adalah sebuah konsep filsafat politik juga untuk mengetahui kondisi seorang individu yang mempunyai hak untuk bertindak menurutnya atau berdasarkan kemauannya sendiri. Individualis dan konsepsi liberal berhubungan dengan kebebasan individu dari paksaan luar atau tekanan. Perspektif sosialis, di tangan yang lain, menghubungkan kemerdekaan dengan kesetaraan dptempat yang lebih luas pada societal interest.

Reference ;

Comments

About Me

My photo
Fathul Qorib
Lamongan, Jawa Timur, Indonesia
pada mulanya, aku adalah seorang yang cerdas sehingga aku ingin mengubah dunia. lalu aku menjadi lebih bijaksana, kemudian aku mengubah diriku sendiri.